Sunday, July 06, 2014

Anak Buangan

Hai. Ketemu lagi sama gue.


Anak buangan? Siapa dia? Dia itu gue, iya, gue itu anak buangan.


Jadi. Awal perjalanan karir gue di sekolah itu berjalan mulus. Gue lulus sekolah dasar dengan nem sebesar 27,00 dgn rata rata 9,00. Iyalah UN SD cuma 3 pelajaran. Akhirnya gue disuruh masuk ke SMPN 6 Bogor. Alhamdulillah di terima.


Selama sd, gue selalu masuk 5 besar, selalu. Kelas satu ranking 3, kelas 2 ranking 2, kelas tiga ranking 3, kelas empat lima enam rangking 1. Iya, itu sd. Dan beda banget sama di smp dan di smakbo.


Di smp, gue selalu masuk 10 besar. Iya, 10 besar. Yaa makin gede, belajar makin males. Di smp ini gue nemu hobi yg melekat sampe sekarang. Apa itu? Jalan jalan, main. Hampir tiap pulang sekolah, maiiiiiin dulu. Entah ke mall atau mampir ke rumah temen. Pokoknya, smp tuh awal awal bibit main. Makanya, jadi gapernah masuk 5 besar. Eh tapi pernah sih, waktu kls 8 gue dpt ranking 4 apa 5 gitu.


Sampai akhirnya gue kelas 9 dan harus prepare buat UN. Gue gasuka sekolah di tempat yg deket rumah atau deket sd dan smp gue, makanya dulu gue doa ke Allah gini "ya Allah, semoga hasil UN saya kecil ya Allah biar gak dapet di SMAN 5 Bogor". Dan pas pelajaran mtk kalo gasalah, disuruh maju satu satu ke depan, nyampein setelah lulus smp mau ke sma mana, dan gue bilang mau ke SMAN 6 karena tempatnya sejuk, adem, dan sepi. Iya, dulu tuh gue pengeeeen banget sekolah disitu. Padahal ibu gue nyuruh gue buat masuk SMAN 5, tapi krn SMAN 5 deket smp gue dan gue juga gamau disitu yaudah gue doa kaya gitu deh.


Kelulusan smp. Anjir, nem nya temen temen gue gede gede banget, gue aja cuma 34,95. Tapi untungnya gak semua SMAN pake nem UN, ada SMAN 1, 2, 3 kalo gasalah yg pake tes soalnya mereka RSBI. Akhirnya gue coba coba takut gak dapet SMAN, gue sih pengennya daftar ke SMAN 3 tapi apa daya akhirnya gue daftar ke SMAN 2 aja. Tapi gue gasuka SMAN 2 tuh, jauuuuh dari jalan raya, yakali gue mesti jalan sejauh itu dan gak ada angkot yg masuk dari gang itu. Akhirnya, pas test gue ngisi isiannya asal semua biar gak dapet di SMAN 2. Akhirnya, beneran gak dapet. Bukannya sedih tapi Alhamdulillah~


Gue kira, dengan nem 34,95 masih dapet gitu ya SMAN 10 atau 9 deh makanya gue daftar ke 9 dan 10. Eh taunya.... Gila emang pas angkatan gue nem mereka tuh kebanyakan rata ratanya diatas 9 semua. Sumpah gue udah hopeless buat sekolah di SMAN di bogor. Akhirnya gue sedikit nyesel krn gadapet SMAN 2. Akhirnya, bokap gue pun nyaranin gue buat daftar ke smakbo. Awalnya sih lagi ngobrol biasa ttg passing grade SMAN di bogor, tapi munculah ide bokap gue buat daftar ke smakbo. Dan besoknya gue dan kaka gue ke smakbo buat daftar.


Karena udah hopeless passing grade di SMAN 10 mendekati nem gue padahal hari itu masih jauh ke hari pengumuman, akhirnya gue belajar dengan sungguh sungguh buat test smakbo. Sungguh sungguh coooy, kapan lagi gue seniat itu belajar. Gue mikir, "daripada gue sekolah di SMA swasta, mending gue masuk smakbo lah walaupun saingannya berat, gapapalah gue di smakbo keseret seret sama pelajarannya yg penting gue gak masuk swasta". Akhirnya gue belajar tiap hari, beli buku soal soal test masuk smakbo di elog *niat banget kan? Tapi gak sampe les di elognya kok, males banget*.


Hari hari pun berlalu, dan hari test masuk smakbo pun datang. Pas test, gue dapet tempat duduk paling depan di ruangan 113, itu depannya beneran depan banget-_- pas liat soal mtk, alhamdulillah lumayan bisalah gue, pas ipa "aduh ini lambang kimia namanya apaaaa, ini gambar namanya apaan? Ya Allah gua gatau apa apa ini tentang kimia. Yaudahlah isi ajalah, bodo mau bener apa salah juga, ipa masih ada fisikanya sama biologinya inilah", pas b.ing "ya Allaaaaahhhhh ini apaan? Fill the blank? Gue udah blank duluan ya Allaaaah. Yaudahlah isi ajalah bodo amat". Pas bhs inggris tuh waktunya udah mepet mepet banget, akhirnya tanpa liat soal, langsung isi!! Wkwk bala.


Sepanjang jalan pulang gue mikir, "ya Allah gue ngisi kaya begitu dapet gak ya smakbo? Udah mah yg daftar 1000 orang lebih yg diterima banyak gak ya? Ya Allah masa gue harus sekolah di swasta sih..". Hari hari penyesalan pun datang, nyesel udah doa nilai un kecil, udah gamau masuk SMAN 2 sampe ngisinya asal asalan dan gak dapet. Temen temen gua udah tenang, udah gak mikirin lagi masuk SMAN, lah gua apa? -_- hopelessness.
Passing grade SMAN 10 pun makin deket sama nem gue, ah udahlah gakan diterima gue yakiiiinnnnnn. Hari haripun makin deket sama pengumuman smakbo.


Hari pengumuman smakbo. Bangun tidur, gue langsung buka hape, visit ke website smakbo.sch.id dan langsung liat pengumuman, pas gue liat....yaaahhh gak dapet smakbo juga, udah ini mah gue daftar ke SMA BBS aja deh. Dan gue pun bilang ke ibu bpk gue kalo gua gak dapet smakbo. Dan mereka percaya. Gak lama, temennya bokap gue yg istri apa suaminya kerja di smakbo nelpon bokap gue dan bilang, "selamat ya bapak, nomor ujian itu diterima di smakbo". Seketika bokap gue bingung, tapi dia cuma bilang "makasih yaa".


Bokap gue pun bilang ke gue, "lah kata temen bapak, kamu diterima loh". Gue jwb "yaampun org nomer nadya gak ada. Udahlah daftar ke BBS aja yg bagusan dikit. Di SMAN 10 passing gradenya udah lebih dari 35 pasti hari ini, gakan dapet". Dia jawab, "coba kamu liat lagi deh, nomernya ini kan? *nunjukkin nametag dgn nomer 308*". Gue juga lupa sih nomer gue berapa, kayanya 308 deh waktu itu. Terus gue kaget, "serius itu nomernya segitu? Kirain 508. Nadya liatnya 508". Bokap jwb "jadi salah nomer? Atuh kamu mah ih nomer test sendiri lupa. Coba liat lagi sana". Dan gue pun liat ke website smakbo, "iya pak, diterima". *dijitak sama bokap* "ah kamu mah, untung aja belum daftar ke BBS"


Gue pun cerita ke temen smp gue kalo gue dapet di smakbo dan dia bilang, "salut gua nad sama lu. Nem kecil, dibuang dari semua SMA Negeri di Bogor, eh dapetnya malah smakbo. Ngeri gua nanti kalo main sama lu ada seragam smakbo haha. Anak buangan aja dapetnya smakbo ya". Lebay sih, tapi dari pada gue masuk swasta. Anak buangan masuk smakbo. Hopeless setengah mati, eh dapetnya smakbo. Gak cuma dapet smakbo sih, tapi dapet hafidz juga *eh


Jadi, itulah sejarah kelulusan smp gue. Dikenal anak yg yaa gak bego bego amatlah tapi cuma dapet nem 34,95 yg termasuk kecil, dibuang dari semua SMA negeri di bogor, eh dapet smakbo.


Gue pikir, gue bakalan keseret seret di smakbo, tapi Alhamdulillah gak keseret seret amat, kalo di pelajaran pkn sih ya bisa dibilang kaya gitu-_- daaan sekarang gue udah kelas empaaat alias kelas 13 di SMAKBo HAHAHA harusnya udah lulus-___- udah jadi mahasiswa STTN atau UGM gitu yaa... Huft tapi gue gak nyesel kok masuk smakbo, iyalaaaah dapet hafidz, dapet temen temen yg suka main kaya gue, dapet kimia, dapet ilmu, aaaah dapet semuamuanya deeehhh


Yaa semoga di kelas 13 ini lancaaar, ke bali bareng semuaaaaa anak equestrian, prakerin lancaaaar, daaaaannnn taun depan gue disidang lancar, lulus dari smakbo, wisuda sama equestrian, dapet STTN atau teknik nuklir UGM ya mantemaaaaan. Aamiin ya Allaaaaahhhh aaaaammiiiiiiiinnnn..


See you, babay.