Saturday, August 17, 2013

he has gone

assalamu'alaikum...

hey there! i'm here.

dia pergi selamanya, selama lama lamanya. dia, kakek gue yang gue ceritain sebelumnya. alhamdulillah dia pergi dengan cepat meninggalkan kita semua.

dia biasa dipanggil "mbah semo" dan bisa dibilang dia itu tokoh masyarakat di kampungnya. orangnya baik, careful sama semua orang apalagi sama cucunya walaupun dia suka lupa nama cucu-cucunya maklumlah udah tua juga, alhamdulillah dia muslim sampe dia harus pergi. entah gue gatau usianya berapa karena orang jaman dulu dan tinggal di pedalaman juga jadi kurang jelas gitu.

seperti yang udah gue ceritain sebelumnya. dia sakit. sakit kali ini bisa dibilang yang paling parah dari sakit yang dia derita sebelumnya. bisa dibilang dia itu survivor, sempet jatuh sakit tapi sehat lagi, masuk rumah sakit tapi kaluar dan lebih baik. awalnya dia kena darah tinggi dan tekanan darahnya sampe 220 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan gue gatau berapa tekanan darah diastoliknya, sedangkan tekana darah normal untuk orang dewasa itu sekitar 90/50 dengan 140/90 mmHg. jauh bnaget kan bedanya sama mbah gue-_- itulah (mungkin) sebab dia kena struk.

tadinya dia kena struk ringan dan sempet sembuh kemudian dia balik ke aktifitasnya yang seperti biasa. terus dia kena struk lagi dan inilah yang paling parah, struk ini melumpuhkan setengah anggota badannya lebih tepatnya anggota bada yang disebelah kiri dan itu mulai dari mata hingga kaki. makanya kakinya gabisa dilurusin kaya kaki kanan.

pas keluarga gue dateng H-1 lebaran, kita langsung menuju rumah sakit tempat mbah gue dirawat. miris banget. untungnya dia mau ngajakin kita semua salaman soalnya pas kita dateng dia lagi tidur dan beberapa saat kemudian dia bangun dan ngajakin salaman gitu. kita ngajakin dia ngomong dan dia masih sadar cuma gabisa jawab karena mulut sebelah kirinya gabisa digerakin. gue sempet ngedenger pembicaraan orang dewasa yang ada disitu, katanya mbah gue mau dikasih obat dan harga obat itu mahal kalo gasalah satu suntikan 200k, akhirnya pakde gue (anak pertama mbah) bilang gausah yaudah jadi gajadi.

keesokan harinya. karena gada perubahan dirawat di rumah sakit itu, akhirnya mbah gue dirawat di rumah aja sama anak-anaknya. dia pulang ke rumah. diselimutin tiap saat, ditungguin tiap waktu, semuanya bergantian tapi yang lebih sering itu bude gue yaa dia kan cewe jadi wajarlah.

setelah itu. kondisi hari-harinya gak nentu, hari ini baik besoknya turun, besoknya naik lagi. dan (kalo gasalah) 2 atau 3 hari sebelum dia meninggal, dia udah bisa buka kedua matanya dan mulutnya juga udah lumayan bisa digerakin, dia lebih baik dari sebelumnya. dan suatu hari, gue lupa hari apa, keluarga ngadain pengajian tapi cuma tokoh masyarakat atau petinggi petinggi gitu deh. merka semua baca surat yasiin. setelah itu, mbah gue "digituin" sama orang yang katanya bisa ngambil ilmu gaib atau ilmu yang "begituan". ewh itu gue gangerti apa yang dia lakuin. sehari setelah itu mbah gue makin baik, dia bisa gerak lebih banyak, seharian gak tidur terus. akhirnya, bokap gue pun bilang kalo kita pulang ke bogor hari rabu.

semenjak hari dimana gue liat mbah gue di yasiin in sama orang-orang itu, gue makin sedih ngeliatnya. gue cuma bisa doa kalo umurnya masih lama tolong cepet di sembuhin yaAllah tapi kalo umur dia tinggal dikit lagi dan ini adalah salah satu bagian dari sakaratul mautnya tolong di cepetin aja yaAllah, sumpah gatega liatnya. dia udah kurus kecil, lebih kurus dari orang kurus, kulitnya item dan menipis, tulangnya mulai keliatan lekukannya. ih kuruuuuus banget.

keluarga gue pulang hari rabu ke bogor dari boyolali. disana tinggal pakde wiji dan bude parti dan mbah putri. gak tega ninggalinnya tapi gue mesti sekolah dan ada upacara 17 agustus.

tepatnya hari ini, 17 Agustus 2013. dia dipanggil oleh Allah untuk menghadapNya. sekitar jam setengah 7 pagi dia pergi. dia pergi dengan struk yang dialaminya beberapa hari terakhir.

jujur. gue nyesel paling ribut mau pulang ke bogor karena disitu gada sinyal, sms pending terus, gue bosenan, kangen bogor, kangen hafidz, kangen temen-temen gue, gue mau main di bogor, gue sekolah, dan banyak deh. tapi saat ninggalin rumah itu gue merasa berat hati ninggalin mbah gue yang masih sakit karena gue yakin anak dia dan cucu dia kumpul pasti memotivasi dia buat sembuh dan survive buat ketawa dengan gigi ompongnya lagi. tapisemua  itu udah berlalu, dia udah pergi ninggalin kita semua, cuma kenangan-kenangan kecil yang dia tinggalin.

baru kali ini gue nulis disini sambil nangis-_- uuuh cengeng. nyeseeeeel gabisa liat dia untuk yang terakhir kalinya. bapak gue aja yang balik lagi kesana tadi siang gabisa liat karena udah dikuburin apalagi gue :')

If I was there, I would give you this rose. I took this rose when I was there. This rose is for you, mbah.

just for you, mbah.

Oke, gue gamau terlarut dalam kesedihan. mau sampe nangis darah juga dia gabakalan balik lagi... oke, doakan yang terbaik yaaa. maaf kalo banyak yang typo.

see you.
wassalamu'alaikum...